Apa Fungsi Partisi Ruangan Kantor

Wow! Ini Dia 7 Fungsi Partisi Ruangan, Cocok untuk Berbagai Jenis Kantor

apa fungsi partisi ruangan kantor Kantor adalah tempat bertemunya berbagai jenis pekerja, mulai dari posisi atasan hingga karyawan. Keberadaan ruangan kantor yang nyaman dan melegakan, juga akan mendukung naiknya produktifitas kerja. Beberapa perusahaan telah memberikan perhatian besar pada segala aspek pendukung produktifitas karyawan, salah satunya pada kondisi ruangan kerja.

Idealnya, setiap kantor membedakan ruangan yang berbeda pada tiap divisi. Hal ini akan mendukung proses diskusi dan juga kelancaran komunikasi antar karyawan. Ruangan yang berbeda dapat dipisahkan dengan menggunakan partisi ruangan kantor. Namun, apa fungsi partisi ruangan kantor?

Sebenarnya, setiap kantor memiliki budaya kerja yang berbeda. Ada yang menginginkan ruangan terbuka agar jalur komunikasi tidak terbatas, ada juga yang menetapkan ruangan-ruangan khusus agar setiap divisi memiliki ruang diskusinya sendiri.

Berikut ada 7 fungsi partisi ruangan kantor berdasarkan tujuannya:

1.Memisahkan antar ruangan

Asalnya, fungsi partisi ruangan kantor digunakan untuk memisahkan antar ruangan. Sehingga tidak tercampur antara ruangan satu dan ruangan lainnya. Bisa juga memisahkan antar ruangan yang fungsinya berbeda, atau kepemilikannya yang berbeda. Misalnya ruangan antara atasan dan karyawan atau ruangan antara divisi kreatif dan ruangan divisi keuangan.2.

2.Menjaga privasi serta kemanan bekerja

Beberapa kantor memiliki ruangan kerja yang menyimpan dokumen rahasia ataupun dokumen penting terkait identitas usaha kantor. Ada juga kantor yang sering kedatangan tamu tertentu yang tidak bisa diekspos secara terbuka. Keberadaan partisi ruangan kantor akan menjadi pembatas untuk menjaga privasi dan keamanan dalam bekerja.33

3.Mencegah suara keluar

Ada juga fungsi lain dari partisi ruangan kantor, yaitu mencegah suara agar tidak keluar dari ruangan. Fungsi ini akan menciptakan suasana kerja yang lebih tenang, nyaman dan terhindar dari suara bising yang mengganggu jalannya proses bekerja.

4.Membatasi hamburan cahaya

Kadang kita membutuhkan ruangan kerja yang tidak terlalu terang namun tetap nyaman untuk bekerja. Fungsi partisi ruangan kantor juga bisa untuk melindungi kita dari paparan cahaya berlebih yang dapat mengganggu fungsi penglihatan dan menurunkan tingkat kefokusan.

5.Menambah nilai keindahan ruangan

Fungsi partisi ruangan kantor juga tidak lepas dari penambahan nilai estetika ruangan. Tidak sedikit kantor mengeluarkan budget lebih agar mereka mampu menghasilkan ruangan yang lebih indah dengan bantuan partisi ruangan. Misalnya dengan memilih partisi ruangan dengan motif khusus yang harganya tentu lebih di atas partisi ruangan kantor biasa. Namun demi nilai estetika, peminatnya pun semakin bertambah.

6.Memudahkan alih fungsi ruangan

Pada beberapa jenis partisi, salah satunya berfungsi untuk menjadi sekat yang fleksibel. Artinya ruangan tersebut bisa dengan cepat dialih fungsikan dengan memindahkan partisi ke posisi yang lain. Sehingga dalam satu ruangan bisa tercipta beberapa bagian yang memiliki fungsi yang berbeda.

7,Mendukung produktifitas kerja

Adanya ruangan kerja yang terkesan privasi akan membantu karyawan agar mengerahkan potensi terbaik mereka dalam menyelesaikan pekerjaan. Ruangan yang seolah milik sendiri akan membuat mereka bekerja seperti di ruangan pribadi dengan tambahan aksesoris yang mentrigger semangat produktif mereka.

Setelah melihat 7 fungsi partisi ruangan kantor, ada baiknya mengenal beberapa bahan partisi ruangan kantor yang banyak digunakan.

1.Bahan kaca

Partisi ruangan kantor yang menggunakan bahan kaca biasanya ditujukan untuk membuat ruangan terlihat lebih luas. Bahan kaca tempered yang digunakan adalah kaca tebal dan tahan akan benturan. Umumnya berfungsi juga sebagai sumber cahaya alami dan memudahkan visualisasi ruangan.

2.Bahan kayu

Partisi berbahan kayu biasanya dilengkapi dengan motif tertentu yang bertujuan menambah nilai estetika. Bahan kayu juga memberi kesan homey dan nyaman saat bekerja.

3.Bahan vinil atau PVC

Ada juga partisi bahan vinil atau PVC. Keuntungan jenis partisi ini adalah mudah dibersihkan dan lebih ringan serta tahan pada kelembaban.

4.Bahan kain

Partisi dengan penutup berbahan kain juga banyak peminat. Selain melihat fungsinya sebagai sekat antar ruangan, partisi berbahan kain ini dapat menambah nilai estetika ruangan. Permukaannya yang lembut dan motif yang halus akan memberikan kesan nyaman saat menyelesaikan pekerjaan di kantor.

5.Bahan campuran

Beberapa partisi yang digunakan di ruangan kantor menggunakan bahan campuran. Biasanya disusun oleh bahan komposit antara aluminium dengan plastic atau komposit antara aluminium dengan bahan kayu.

Pemilihan partisi ruangan kantor disesuaikan dengan apa fungsi yang diharapkan serta bahan apa yang sesuai dengan ruangan kantor anda.

Jangan ragu konsultasikan kebutuhan partisi ruangan kantor bersama Pireki IKN. Perusahaan kami dipercaya oleh beberapa brand besar untuk kebutuhan kantor mereka, di antaranya Nestle, Gudang Garam, universitas negeri, dan masih banyak lagi. Pesan sekarang, dapatkan fasilitasnya.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top