Pintu Ruangan Kedap Suara

Pintu Ruangan Kedap Suara sangat kita butuhkan untuk lingkungan kerja yang tenang. Apalagi untuk jenis studio rekaman, ruangan kerja, kelas, hingga rumah. Karena ruangan yang tenang akan membuat saraf kita jadi lebih rileks. Dampaknya kita dapat mereduksi stres dan depresi. Pekerjaan selalu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kurang fokus dapat menyebabkan kita mengambil keputusan yang kurang bijaksana. Hal ini akan berpengaruh terhadap produktivitas yang menurun. Hal ini tentu akan menghambat kesejahteraan hidup jika tidak mendapatkan penanganan yang baik.

Kenapa Penting Memiliki Pintu Ruangan Kedap Suara?

Pintu berperan penting dalam mengisolasi suara. Jika kita memilih pintu yang tidak tepat maka isolasi suara yang optimal tidak akan terjadi. Meskipun kita telah menggunakan material akustik di bagian dinding dan plafon, jika bagian pintu bocor suaranya maka isolasi tidak akan terjadi. Sepenting itulah pintu ruangan kedap suara. Selain itu memilih pintu peredam yang tepat akan meningkatkan kualitas dari akustik yang kita ciptakan. Suasa ruangan akan mengisolasi suara secara maksimal, sehingga menciptakan ruangan yang tenang bebas dari kebisingan. Fungsi lain dari pintu peredam suara adalah menjaga privasi tetap terjaga. Misalnya saja untuk ruangan atasan atau meeting sebagai tempat membicarakan strategi penting. Agar semua strategi tersebut tetap terjaga maka privasi benar-benar harus kita perhatikan. Termasuk pintu agar tidak ada yang menggunakannya untuk menguping.

Apa saja yang kita lakukan untuk membuat pintu ruangan kedap suara?

Para ahli berpendapat bahwa untuk membantun ruangan yang memiliki isolasi suara tinggi maka kita bisa mulai dengan tahapan berikut:

  1. Memilih material yang akustik. Bahan yang kita rekomendasi adalah kayu dan baja. Kedua material tersebut telah terbukti memiliki kemampuan akustik yang tinggi. Kita bisa memberikan pelapis berupa bahan yang kedap untuk memaksimalkan isolasi udara.
  2. Ketebalan pintu. Biasanya pintu yang tebal akan memiliki kemampuan isolasi yang lebih baik. Namun ini juga menjadi tantangan karena bobotnya bisa jadi lebih berat. Untuk saja saat ini PIREKI IKN telah mampu mendesain pintu peredam yang lebih efisien.
  3. Penggunaan sealant. Komponen ini adalah peredam tambahan namun sangat krusial. Pada bagian frame pintu sangat rentan terjadi kebocoran. Sehingga kita perlu menambahkan sealant agar isolasi terjadi secara maksimal.
  4. Instalasi. Pintu dan framenya sudah sangat ok. Namun jika pemasangannya tidak hati-hati maka kebocoran suaran akan terjadi. Oleh karena itu sangat penting menggunakan jasa profesional agar lebih optimal.

Komponen Utama Pintu Ruangan Kedap Suara

Untuk bisa mendesain pintu yang memiliki kemampuan mengisolasi suara dengan baik komponennya harus tepat yaitu Inti peredam. Bagian ini biasanya terbuat bahan khusus yang berfungsi untuk meredam suara. Diantara bahan yang biasa kita gunakan adalah busa, serta mineral PDF dan lainnya. Material dari busa terbuat dari bahan poliuretan atau polietilen. Bahan ini memiliki struktur yang berpori. Sehingga saat suara masuk energi dari suara tersebut akan poliuretan serap. Gesehan yang terjadi antara suara dan poliuretan atau etilena akan menghasilkan gesekan sehingga energi dari suara berubah jadi kalor. Hal ini menyebabkan intensitas suara jadi berkurang sehingga tidak masuk ke ruangan.

Bahan inti dari busa juga menggunakan mekanisme pemantulan tereduksi. Kita suara mencapai permukaan yang padat seperti dinding, sebagian besar akan terpantul kembali. Pantulan itu tereduksi dengan adanya polietilena yang menyerap suara tersebut. Dampaknya pintu ruangan kedap suara yang menggunakan busa sebagai inti peredam jadi lebih efektif.

Selain itu busa peredam ini mengurangi vibrasi suara sehingga tidak masuk ke ruangan. Busa berbahan poliuretan atau polietilena mampu peredam getaran. Getaran ini adalah salah satu transmisi suara. Sehingga jika getaran bisa kita redam maka suara tidak akan terdengar. Oleh karena itu PIREKI IKN banyak menggunakan bahan inti jenis ini agar menciptakan pintu peredam yang kuat.

Papan Serat Padat (MDF) Sebagai Peredam Suara

 Bahan MDF adalah bahan yang sering kita gunakan untuk membuat pintu ruangan kedap suara. Keunggulan dari MDF adalah ia bisa menambah massa dari pintu agar lebih bersifat akustik. Massa dari MDF ini akan memblokir suara yang datang ke pintu sehingga tidak masuk ke dalam ruangan. Selain itu MDF memiliki kemampuan damping yang baik. Meski tidak sebaik busa, tapi MDF mampu meredam getaran dari suara sehingga transmisi tidak terjadi.

Nah sekarang tinggal kita tentukan mau menggunakan inti peredam yang mana. Akan lebih baik jika bisa kita diskusikan dengan PIREKI IKN. Mereka bisa memberikan solusi terbaik untuk mendapatkan pintu ruangan kedap suara. Produk pintu peredam mereka juga sangat efisien dengan gaya yang elegan nan modern. Yuk tunggu apa lagi? Yuk ke PIREKI sekarang juga. informasi selengkapnya ada di https://pirekiikn.id/ atau 6281239691678

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top